Toyota Yaris Menggunakan Mesin Supercharge

SALISMA.COM (SC),TOKYO – Isu tentang Toyota Yaris bermesin turbo sempat ramai dibicarakan. Namun kali ini, spekulasi tersebut dijawab Toyota dengan merilis produk hatchback-nya yang dibekali perangkat supercharge.

Digadang-gadang Yaris akan menjadi kendaraan dengan sebutan supermini meski label nama resminya akan dikenal sebagai Yaris GRMN (Gazoo Racing Master of Nurburgring). Bisa dibayangkan label sirkuit Jerman yang sering menjadi identitas bagi kendaraan berkecepatan tinggi.

Toyota memang menyiapkan Yaris GRMN sebagai gen mobil berkecepatan tinggi. Berbekal mesin empat silinder supercharged dengan kapasitas 1,8 liter mampu meletupkan tenaga mencapai 210 hp.

Model ini juga akan menjadi varian paling tinggi dari model Yaris 2017 yang telah diperkenalkan Toyota. Tak hanya dari sektor pacu, Gazoo racing yang dikenal sebagai tim balap Toyota, telah merancang tampilan eksterior Yaris GRMN dengan tambahan perangkat body kit berpenampilan gahar.

Tak hanya itu, penyesuaian juga dilakukan seperti sektor penghenti laju roda dan suspensi yang dibuat lebih keras untuk meningkatkan sistem pengendalian lebih maksimal dari tenaga mesin yang cukup besar.

Sayangnya Toyota belum mengungkap, apakah model Yaris GRMN akan menjadi edisi terbatas atau tidak. Peluncuran pun masih dirahasikan pabrikan Jepang ini. (**)