Motor Matic Anda Tiba-tiba Tidak Jalan? Cek Bagian Ini

SALISMA.COM (SC), SIAK – Motor matic anda tiba-tiba tidak mau berjalan padahal mesin hidup dalam kondisi normal? Coba periksa v-belt atau lebih sering disebut karet belting.

Ada beberapa komponen penting yang terdapat pada motor matic anda yang dihasilkan dari pembakaran di ruang bakar, bisa diteruskan ke roda belakang dengan maksimal. Part-part tersebut antara lain roller, v belt, kanvas kopling, dan per kopling yang berada dalam bagian CVT.

Untuk bagian CVT disarankan untuk selalu dibersihkan setiap 8000 KM /setiap 8 bulan dan diganti setiap 24.000 KM / 2 tahun sekali. Namun ada kalanya part tersebut mempunyai masa pakai lebih pendek dikarenakan perlakuan pemakainya.

Seperti yang disampaikan oleh Wendi salah  seorang mekanik sepeda motor yang sudah bertahun-tahun menjadi mekanik.

“Bagian CVT  harus secara rutin dibersihkan setiap 8.000 km / 8 bulan dan ada yang harus di ganti dalam komponen CVT seperti belting yang harus di ganti setiap 24.000 KM /2 tahun sekali tergantung pemakaian,” kepada salisma.com, Jumat (12/05/2017).

Apabila part sudah masuk batas servis, maka sebaiknya diganti dan  periksalah sepeda motor matic anda di bengkel yang menjadi referensi anda sehingga di setiap perjalan anda tidak akan terjadi hambatan. (sc13)