oleh

Disdik Pekanbaru Diminta Awasi Ketat PSB di Sekolah

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Wakil Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru H Marlis Kasim meminta Dinas Pendidikan secara tegas dan ketat mengawasi penyelenggaraan penerimaan siswa baru tahun ini. Terutama dalam penetapan kuota siswa masing-masing sekolah. Agar dalam penetapan kuota tersebut, jangan ada penambahan.

“Penetapan kuota siswa ini harus menjadi perhatian serius oleh Disdik dan pihak sekolah. Karena hal ini jika dibiarkan, akan menjadi preseden buruk ke depannya,” ujar Marlis, Senin (22/05/2017).

Terutama pengaruh bagi sekolah swasta. Jika kuota setiap sekolah ditambah, maka minat siswa untuk masuk sekolah swasta akan berkurang. Kondisi ini terus terjadi setiap tahun, dan sudah dikeluhkan beberapa kalangan.

Marlis menilai sekolah swasta sudah membantu pemerintah. Sehingga perlu diberikan porsi dalam penerimaan siswa baru ini. “Jika keran tersebut dibiarkan, maka lama kelamaan perhatian pemerintah terhadap sekolah swasta ini bisa tergerus,” sebut politisi PKB ini.

Selain antisipasi penambahan kuota, Marlis juga meminta untuk perekrutan siswa baru berdasarkan zona tempatan 500 meter, perlu dipertimbangkan. Sebab, tidak mungkin bisa banyak diterima warga yang jarak rumahnya radius 500 meter akan banyak setiap tahunnya. (*)​