Walikota Pekanbaru Minta Dishub Segera Operasikan 35 Bus TMP

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pemko Pekanbaru akan menambah armada bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) untuk melintasi sejumlah koridor yang sebelumnya ditutup.

Sebanyak 35 armada bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) akan segera dioperasikan. Bus tersebut dioperasikan untuk menambah kekuatan bus TMP yang ada saat ini. Sebab dengan armada yang sekarang beroperasi belum semua koridor atau rute terlayani. Yakni koridor 5, rute Pelabuhan Sungai Duku-Jalan Sudirman dan Koridor 7, Rute Jalan Kartama.

“Dalam waktu dekat ini, kita operasikan. Kemarin kan Dinas Perhubungan sudah seleksi karyawan bus. Paling lambat pekan depan sudah bisa dioperasikan,” kata Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Senin (28/8/2017).

Baru-baru ini Dinas Perhubungan melakukan perekrutan 184 karyawan yang akan dipekerjakan sebagai pramugara, pramudi, sekuriti, pengawas lapangan, petugas kebersihan dan mekanik untuk operasional 35 unit Bus TMP.

Dari 184 petugas yang diseleksi tersebut, rincianya pramuga 70 orang, pramudi 82 orang, sekuriti 3 orang, pengawas lapangan 24 orang dan petugas kebersihan 3 orang serta mekanik 2 orang. Seluruh karyawan yang sudah direkrut terlebih dahulu untuk diberi pelatihan.

“Jadi kalau prosesnya sudah tuntas semua. Tinggal dioperasikan saja ke 35 unit Bus yang masih terparkir di Terminal BRPS Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Arifin HR mengaku tinggal menunggu arahan dari Walikota Pekanbaru, Firdaus untuk mengoperasikan 35 unit Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Jika tak ada halangan, 80 unit bus akan dioperasikan secara keseluruhan di tahun 2017.

Seperti diketahui, Bus TMP yang beroperasi saat ini hanya 45 unit. Dari ke 45 unit ini, terdapat dua koridor yang masih kosong di Pekanbaru. Maka dengan dioperasikannya 80 unit bus itu, maka dua koridor yang kosong tersebut akan diaktifkan kembali. (*)