Semua Bus TMP Dioperasikan, Waktu Tunggu Penumpang Lebih Cepat

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Sebanyak 35 bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) tambahan akhirnya dioperasikan oleh Dinas Perhubungan Pekanbaru untuk melintasi semua koridor rute yang sebelumnya dihentikan.

Dengan demikian, total 80 unit bus TMP beroperasi di 12 koridor rute yang ada. “Semua bus sudah mulai beroperasi dan melayani seluruh koridor yang ada,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Angkutan Perkotaan Dinas Perhubungan Pekanbaru, Wisnu Haryanto, Selasa (05/9/2017).

Dengan seluruh kekuatan tersebut, dua dari 12 koridor yang sebelumnya sempat dibekukan kembali beroperasi dan diakses bus TMP, bus yang identik bewarna biru dan corak batik Riau tersebut.

Sebelumnya, dua koridor yang dibekukan sejak awal tahun ini adalah Koridor 7 B tujuan Kartama-Tuanku Tambusai dan Koridor 5 tujuan Jalan Jendral Sudirman-Pelabuhan Sungai Duku.

Pembekuan itu karena Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru hanya diperkuat 45 unit bus. Namun, medio 2017 kemarin Pemko Pekanbaru memperoleh tambahan bus dari Kementerian Perhubungan hingga total armada mencapai 80 unit.

Selain dapat mengaktifkan seluruh koridor, Wisnu juga mengatakan keberadaan tambahan armada tersebut dapat mempersingkat waktu tunggu saat transit dari 15 menit menjadi hanya 8-10 menit. (*)