Dua Pengungsi Rohingya Ditampung di Pekanbaru

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Ternyata ada dua pengungsi warga Rohingya, Myanmar ditampung di Kota Pekanbaru. Mereka berstatus sebagai pengungsi, atau refugee, sedang menunggu untuk diberangkatkan ke negara tujuan, atau negara ketiga yang akan menampung mereka secara permanen.

Mereka yakni Mohammad Shofiq, dan Mohamad Zomir. Sebelumnya ditampung di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kota Manado dan Rudenim Tanjung Pinang.

“Ada dua, lokasi penempatan sebelumnya di Rudenim Manado dan Rudenim Tanjung Pinang. Statusnya sebagai pengungsi, menunggu ditempatkan ke negara ketiga,” beber Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Pekanbaru, Oki, Rabu (06/9/2017).

Belum diketahui, berapa lama waktu yang akan dihabiskan keduanya sebelum ditempatkan ke negara tujuan mereka. Mengenai negara tujuan yang akan menampungnya juga tidak dapat dirinci lebih lanjut oleh imigrasi Pekanbaru. Ini sepenuhnya menjadi kewenangan lembaga internasional yang mengurus pengungsi, atau UNHCR.

Sementara itu, mengenai status kepengungsian, awalnya, imigran yang akan mencari suaka belum berstatuskan pengungsi. Mereka terlebih dulu menyandang status Pencari Suaka, setelah didata da menemukan negara tujuan oleh UNHCR, maka statusnya naik menjadi pengungsi. (*)