Sejumlah Negara Pastikan Hadiri Festival Kelapa Internasional di Inhil

SALISMA.COM (SC), TEMBILAHAN – Panitia Festival Kelapa Internasional (International Coconut Exhibition) 2017, Indragiri Hilir terus menggesa persiapan untuk menyukseskan kegiatan akbar tersebut.

Sekda Inhil yang juga Ketua Pelaksana FKI, H Said Syarifuddin saat memantau persiapan teknis di Taman Gadjah Mada Tembilahan, Rabu (6/9) sore mengatakan, hingga saat ini tujuh negara sudah mendaftar dan memastikan ikut festival itu. Termasuk Dubes Filipina, Vietnam dan Fiji. Selain itu, akan ada pula sejumlah provinsi berkomitmen untuk hadir.

“Negara anggota APCC yang meregistrasi dan akan datang ada 7 negara. Dari dalam negeri ada beberapa daerah yang juga akan hadir,” jelas Said.

Dalam hal teknis, Said Syarifuddin menjelaskan, pada pembukaan nanti yang akan dilaksanakan di lapangan Gadjah Mada Tembilahan, pihak panitia telah mempersiapkan tenda baru untuk para tetamu undangan. Begitu pula,dengan tenda untuk gala dinner yang akan digelar di kediaman dinas Bupati Inhil pada malam 8 September.

Secara umum, menurut Said, persiapan teknis sudah mencapai 95 persen. Sedangkan persiapan nonteknis, seperti koordinasi dan distribusi undangan secara penuh telah selesai.

Said Syarifuddin juga mengajak segenap masyarakat Kabupaten Inhil untuk turut menyukseskan perhelatan akbar negara-negara produsen kelapa ini.

“Mari bersama-sama kita sukseskan Festival Kelapa Internasional dengan tetap menjaga situasi daerah yang kondusif agar para tetamu merasa aman dan nyaman. Keberhasilan penyelenggaraan festival ini dinilai akan mampu memberikan banyak manfaat bagi daerah kita, di antaranya dapat menarik minat investor. Kita berharap usai penyelenggaraan, kabupaten kita ini dapat dijadikan sebagai ikon kelapa dunia,” tutur Said. (*)