Kapolda Riau Andalkan Program Sebelumnya Tangani Karhutla dan Narkoba

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Kapolda Riau yang baru, Brigjend Pol Nandang akan memprioritaskan penanggulangan tidak lagi terjadi kebakaran hutan dan lahan di Riau. Selain itu program prioritas lainnya memberantas peredaran narkoba.

“Bukan berarti kejahatan lain tidak ditangani. Namun khusus kebakaran hutan dan lahan serta pemberantasan narkoba akan menjadi prioritas,” kata Kapolda Riau, Brigjend Pol Nandang di Pekanbaru, Jumat (08/9/2017).

Untuk karhutla dia mengatakan tetap dengan mengandalkan seperti yang dilakukan Kapolda Riau sebelumnya, Irjen Pol Zulkarnain. Itu dengan memberdayakan tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan lurah memberikan pencerahan menanggulangi karhutla pada masyarakat.

Selain itu, kepada pengusaha perkebunan dia meminta agar dalam mengembangkannya dengan menggunakan cara benar. Tidak dilakukan dengan cara yang tidak sesuai aturan.

Terkait menekan peredaran narkoba, dia akan meminta Polisi Air untuk benar-benar melakukan patroli. Hal itu berkaitan dengan letak Riau yang rawan akan penyelundupan barang ilegal seperti narkoba.

“Kalau siang patroli, yang menyelundup malam. Kapan bertemu polisi sama penjahat, jadi harus punya deteksi dini dan intelijen kapan saatnya dilakukan. Karena penyelundup akan gunakan beragam cara,” ujar Brigjend Pol Nandang yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Barat.

Perkembangan terakhir, lanjutnya, tekah dilaporkan Direktorat Reserse Narkoba telah diungkap lebih dari 120 ribu butir pil. Barang itu dari Dumai dan Bengkalis, ditangkap di Siak. Artinya, kata dia masih ada kelipatannya 1.000 kali lipat lagi yang lolos.