316 PNS akan Pensiun, Pemko Pekanbaru Terancam Kekurangan Pegawai

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pemko Pekanbaru terancam kekurangan PNS menyusul ratusan ASN akan memasuki masa pensiun tahun depan. Berdasarkan data yang ada di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), tahun ini ada sekitar 316 PNS yang akan pensiun.

Plt Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil membenarkan jika saat ini ada ratusan ASN yang masuk masa pensiun. Terhitung 1 Juli hingga 1 Juni 2018 mendatang akan ada sebanyak 316 ASN yang memasuki masa pensiun.

“Kalau dijumlahkan total, ASN Pemko Pekanbaru yang ada saat ini hanya berkisar sebanyak enam ribuan orang. Sementara yang pensiun jumlahnya minimal 300-an orang setiap tahunnya,” kata Jamil, Minggu (17/9/2017).

Menurut keterangan Jamil, jika melihat standar jumlah ASN yang ada di sebuah kota sebesar Pekanbaru idealnya ada sekitar sembilan ribu ASN. Namun jumlah tersebut agaknya sulit dipenuhi, terlebih dalam kondisi perekonomian Pemko Pekanbaru seperti saat ini.

“Kita sejak tahun 2014, tidak pernah mendapat formasi penerimaan pegawai baru dari pusat,” ujarnya.

Sementara terkait keputusan Kemen PAN RB untuk usulan penambahan pegawai Pemko Pekanbaru yang pernah diusulkan beberapa waktu lalu, Jamil mengatakan, kecil kemungkinan dipenuhi. Sebab, masih ada beberapa hal yang mesti dilengkapi Pemko Pekanbaru.

“Kita diminta untuk membuat analisa jabatan dan beban kerja terbaru, karena mereka ingin melihat secara detail kebutuhan pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru,” katanya. (*)