Bupati Instruksikan Panpel MTQ Kabupaten Inhil Ke – 47 Di Reteh Gesa Persiapan

INDRAGIRI HILIR – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan instruksikan kepada Panitia Pelaksana (Panpel) Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Ke – 47 Di Pulau Kijang Kecamatan Reteh agar digesa dan dipersiapkan  secara matang (27/9/2017).

Menindak lanjuti instruksi Bupati Inhil, Panpel MTQ Kabupaten Inhil ke – 47 hari ini langsung meninjau lokasi acara di lapangan Sepak Bola H. Sanusi Kelurahan Pulau Kijang ini, rombongan Panitia Pelaksana fokus melihat situasi dan kondisi lapangan yang akan dijadikan pusat penyelenggaraan MTQ pada tanggal 4 November 2017 mendatang.

Menurut Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kabupaten Inhil, Tengku Juhardi, peninjauan ini dilakukan sebagai wujud keseriusan dan antusias Pemkab Inhil atas penyelenggaraan perhelatan Islam yang setiap tahun rutin digelar.

“Guna menindaklanjuti instruksi Bupati, kita (Panpel, red) membawa seluruh Ketua Bidang, seperti Ketua Bidang fisik, perlengkapan, publikasi dan ketua bidang musabaqah untuk meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan lokasi MTQ,” ujar Tengku Juhardi disela peninjauan di lapangan

Dalam tinjauan yang dilakukan, dikatakan Tengku Juhardi, dapat dilihat masing – masing Ketua Bidang memeriksa kesiapan teknis di lokasi. Selain itu, para Ketua Bidang, lanjut Tengku Juhardi, juga melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Reteh selaku ‘Tuan Rumah’ penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Inhil Ke – 47.

“Dari pantauan yang dilakukan, terlihat Masjid yang akan dijadikan salah satu titik penyelenggaraan juga sudah siap. Secara umum, persiaoan fisik sudah siap. Tinggal lagi melihat sarana infrastruktur pendukung saja,” kata Tengku Juhardi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Inhil.

Secara teknis, dalam beberapa waktu kedepan, Tengku Juhardi mengatakan, persiapan fisik penyelenggaraan MTQ Kabupaten Inhil ke – 47 akan difokuskan pada pembuatan Astaka dan perlengkapan penunjang lainnya.

“Dengan rentang kendali waktu yang relatif singkat, saya selaku Ketua Umum mengarahkan rekan – rekan panitia untuk bergerak cepat mempersiapkan hal – hal yang dibutuhkan,” tukasnya.

Disamping persoalan teknis, Tengku Juhardi mengatakan, pihak Panitia Penyelenggara mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Inhil perihal imfrastruktur jalan guna menunjang konektifitas menuju Pulau Kijang bagi para pengujung MTQ nantinya.

“Beberapa waktu lalu, Bupati mengatakan bahwa saat penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Inhil nanti, Dirinya akan datang ke Pulau Kijang melalui jalur darat menggunakan Mobil dari Tembilahan. Selama ini jalan lintas menuju pulau kijang banyak yang rusak, bahkan sulit dilewati jalur darat, tapi melalui anggaran 2017 ini, Pemerintah Kabupaten Inhil mengalokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur jalan,” urai Tengku Juhardi.

Tengku Juhardi mengaku optimis, penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Inhil ke – 47 di Pulau Kijang yang diagendakan pada tanggal 4 November 2017 mendatang akan berlangsung lancar dan sukses.

“Pemerintah Kabupaten yakin dan percaya akan hal tersebut. Sebab, sebagian besar persiapan sudah mulai dilakukan dan telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan sehingga tidak terlalu banyak lagi hal yang harus dipoles karena secara kondisional, penyelenggaraan di kecamatan tidak sama dengan di Ibu Kota Kabupaten, Tembilahan,” tandas Tengku Juhardi.

Untuk diketahui, sejumlah Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kabupaten Inhil Ke – 47 dari unsur Pemerintah yang turut serta dalam tinjauan di Pulau Kijang Ini, ialah Kepala Bappeda Inhil, Tengku Juhardi, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Kabupaten Inhil, HM Thaher, Asisten I (Satu) Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Afrizal, Asisten II (Dua) Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Encik Kamal Syahindra dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, HM Arifin.. (adv)