oleh

BUMD Diminta Berperan Garap Proyek Besar di Riau

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – BUMD milik Pemprov Riau diminta melakukan pengembangan usaha, sehingga mampu menghasilkan keuntungan lebih banyak.
 
Salah satu peluang yang cukup besar menurut Sekretaris Komisi III DPRD Riau, Suhardiman Amby adalah proyek pembangunan besar yang selama ini dikerjakan BUMN. 
 
Menurut dia, sudah saatnya BUMD bangkit dan ambil pengerjaan proyek-proyek yang biasa dikerjakan BUMN. 
 
Suhardiman Amby mengatakan, di Riau sangat banyak insinyur yang bekerja bukan pada keilmuannya, yang belum bekerja, dan banyak juga yang berkiprah di luar. 
 
“Kita punya banyak insinyur dan peneliti. Harusnya ini dimanfaatkan. BUMD buka jaringan dan kembangkan usaha, tak perlu dirikan BUMD baru, lalu manfaatkan para insinyur-insinyur kita,” kata Suhardiman, Minggu (08/10/2017).
 
Dikatakan politisi Hanura DPRD Riau ini, sangat disayangkan selama ini BUMD hanya jadi penonton saja ketika ada pengerjaan proyek besar di Riau. Padahal, BUMD menurutnya bukan tidak bisa melaksanakan pekerjaan yang sama, dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidangnya. 
 
“Gedung-gedung bertingkat, jembatan, dan proyek besar lainnya, itu semua BUMN yang ambil bagian. Sementara kita hanya menonton. Ini kan sayang sekali,” tuturnya. 
 
Jika pihak BUMD mau berusaha, menurut Suhardiman Amby akan banyak keuntungan yang diperoleh, dan pendapatan daerah juga akan semakin bertambah. Sehingga BUMD tidak lagi mengharapkan anggaran dari APBD. (*)