oleh

ASN Bolos Bakal Terpantau, Siak Segera Terapkan e-Kinerja

SALISMA.COM (SC), SIAK – Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Siak, Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Siak akan segera menerapkan sistem e-Kinerja.
 
Untuk mendukung program tersebut, BKPSDMD Siak menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Kinerja, Pelaksanaan Evaluasi dan Kinerja ASN di Aula Hotel Grand Royal, Siak, Selasa (31/10/2017).
Sebagai pembicara Kasubdit Penyusunan Penilaian Kinerja ASN, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Johanes Irawan. Ia menjelaskan, paradigma dan mindset pegawai dalam pelaksanaan penilaian prestasi kerja cenderung masih dengan cara lama.
 
Dari e-kinerja ini, semua data kinerja pegawai akan tercatat mulai dari perencanaan sampai penilaiannya. Paketnya akan dibuat dalam satu sistem. E-kinerja itu diproyeksikan secara sistemik untuk penilaian kinerja pegawai yang lebih efisien.
 
“Tujuan utama e-kinerja agar pengendalian monitoring lebih mudah dari BKN ke instansi-instansi terkait,” tutur Irawan.
 
Ia menambahkan, nantinya e-kinerja akan dibuat secara online sehingga dapat terintegrasi antara masing-masing instansi dengan BKN. Karena selama ini belum ada database kinerja seorang ASN. “Maka diharapkan dari data ini akan membuat standar kinerja pegawai lebih terjaga,” kata dia.
 
Kepala BKPSDMD Kabupaten Siak, Wan Abdul Razak menjelaskan, kegiatan itu diikuti oleh 40 orang ASN. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai 31 sampai 2 November 2017.
 
“Dengan kegiatan ini nantinya para peserta dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan pengelolaan kepegawaian tentang pengolahan data dan informasi kepegawaian berbasis teknologi informasi. Penerapan e-kinerja ini menjadi penting sebagai upaya peningkatan kesejahteraan ASN,” ujarnya.
 
Ia juga mengingatkan ASN untuk tidak bisa lagi bermalas-malasan. Karena pengukur kinerja secara online sudah dapat langsung dipantau oleh BKN. (*)