Honda PCX Electric Akan Dijual di Thailand 2018, Kapan Indonesia?

AP Honda, Agen Pemegang Merek Honda di Thailand berencana memproduksi motor listrik PCX Electric yang akan diluncurkan Januari 2018. AP Honda berharap pemerintah setempat segera menyiapkan regulasi yang memadai.

“Thailand telah menjadi sentra manufaktur otomotif dan sangat potensial memproduksi PCX Electric. Namun perlunya aturan terutama soal segi keamanan sistem kelistrikan,” kata Presiden AP Honda Yoichi Mizutani seperti dikutip dari The Nation, Senin 30 Oktober 2017.

Honda sebagai produsen mengusulkan agar Thailand mengadopsi UNR 136 yaitu standarisasi soal kendaraan listrik yang menyangkut keselamatan dan pedoman pencegahan kebocoran termasuk daur ulang baterai. “Juga persiapan pendukung prasarana dalam persiapan Honda memasarkan PCX Electric tahun depan,” katanya.

Noriaki Abe, Chief Officer Honda Motor mengatakan bahwa motor listrik memiliki tantangan dari harga yang lebih mahal dan performa yang masih kalah dari motor berbahan bakar bensin. Tak hanya itu, minimnya infrastruktr yang mendukung motor listrik menjadi kesulitan Honda mengenalkan produk motor listrik, PCX Electric.

Untuk tahun ini, AP Honda telah mampu menjual 1,47 juta sepeda motor domestik, menyumbang 79 persen pangsa pasar. Kenaikan produksi, baik untuk pasar internal maupun eksternal, adalah 1,85 juta unit atau sekitar 4 persen dari tahun ke tahun.

PCX Electric diresmikan di Tokyo Motor Show ke-201 2017 pada hari Rabu lalu, bersama dengan PCX Hybrid yang berteknologi maju dan Riding Assist e.

Presiden dan CEO Honda Motor Takahiro Hachigo mengatakan, dua baterai PCX Electric yang ramah lingkungan adalah bagian dari tujuan Honda untuk meningkatkan produksi kendaraan listrik menjadi dua pertiga dari semua produksi kendaraan pada tahun 2030. Targetnya untuk mengurangi polusi dunia.

Honda PCX Electric akan dijual bersamaan PCX Hybrid yang dikembangkan berdasarkan model matic PCX 150. PCX Hybrid hadir dengan perbaikan pada distribusi bobot dan perbaikan soal akselerasi yang lebih baik, dan semuanya dijanjikan dengan harga terjangkau.