Mengenal Lebih Dekat Tentang Budaya Jepang Dalam Talkshow SPADA

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Ceria TV mengadakan talkshow Spesial Tawa dan Canda (SPADA) di Foodcourt Mall Pekanbaru, pada hari Minggu (17/11/2017) pukul 19.00 WIB kemarin.

Adapun tema yang diangkat pada talkshow ini adalah Jejepangan
Dalam acara ini, hadir narasumber dari beberapa komunitas kebudayaan jepangan yang ada di Pekanbaru, seperti Komunitas Cosplay Shinwa, Himasatori (Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau), dan 48 Family Pekanbaru.

Dalam talkshow ini, para narasumber memaparkan tentang alasan mereka menyukai budaya Jepang serta tertarik untuk belajar dan menggeluti budaya tersebut. Menurut mereka, alasan mereka menggeluti budaya jepang karena suka dan tertarik dengan kebudayaan di Jepang yang menurut mereka unik, seperti bahasa, tulisan, tokoh atau karakter, adat kebiasan, dan lainnya.

Ahmadi, anggota dari Komunitas Cosplay Shinwa mengatakan bahwa alasan kenapa dia mulai bercosplay adalah karena dia suka dan tertarik dengan karakter-karakter dari animasi Jepang, dan ingin mencoba untuk memperagakan perannya.

“Awalnya suka nonton anime kayak naruto, one piece, terus juga suka nonton power ranger dan kamen rider, nah saya tertarik dengan parakternya dan pengen buat meranin mereka, dari situlah muncul niat bercosplay,” ujarnya.

Selain itu, para narasumber juga memaparkan pendapat mereka tentang perkembangan kebudayaan Jepang di Indonesia, khususnya di Pekanbaru. Menurut mereka, saat ini komunitas dan kebudaya jejepangan semakin berkembang dan mulai dapat diterima oleh masyarakat luas.

Dalam talkshow ini, turut ditampilkan peragaan cosplay dari Komunitas Shinwa, koreo dance dari 48 Family Pekanbaru, stand up comedy, dan demo membuat Sushi oleh Enoki Japanese Restaurant.

Diharapkan dengan diadakannya talkshow ini, dapat memperkenalkan budaya dan komunitas jejepangan kepada masyarakat, serta mengharapkan agar budaya jejepang dapat semakin diterima oleh masyarakat.***