Riau Juara Umum API 2017, Ini Tujuh Kategori yang Dijuarai 

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Provinsi Riau yang sedang gencar membangun sektor pariwisata berhasil meraih juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, Sabtu, (25/11).

Anugerah itu diberikan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, yang diwakilkan oleh, Sekretaris Kementerian Pariwisata Uus Kuswara di Studio salah satu stasiun Tv nasional di Jakarta.

Mananggapi soal Anugerah yang diberikan, Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengungkapkan, puji dan syukur kepada Allah SWT, dan berterimakasih kepada Kementerian Pariwisata RI, karena telah memberikan kepercayaan kepada Riau untuk menjadi juara umum.

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras pemerintah provinsi Riau, bersama pemerintah Kabupaten/kota, komunitas, media massa, pihak swasta dan seluruh lapisan masyarakat yang telah memiliki komitmen untuk memajukan sektor pariwisata termasuk ekonomi kreatif khususnya kuliner,” tutur Gubri

“Semoga Anugerah ini dapat memberikan semangat baru dalam mendorong sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya lagi.

Adapun tujuh Anugerah API yang diraih oleh Riau adalah, Makanan tradisional terpopuler Bolu Berendam Indragiri Hulu, Situs Sejarah terpopuler Istana Siak Kabupaten Siak, tempat berselancar terpopuler Bono Kabupaten Pelalawan.

Selanjutnya Atraksi Budaya Terpopuler Bakar Tongkang Kabupaten Rokan Hilir, Festival Pariwisata terpopuler, Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi, minuman tradisional terpopuler Laksamana mengamuk dan Objek Wisata belanja terpopuler, Pasar Bawah Pekanbaru.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal mengatakan, API 2017 merupakan Ajang Apresiasi Pariwisata Terpopuler Indonesia, yang mempromosikan seluruh destinasi wisata di nusantara. Khususnya yang masuk dalam nominasi dan kategori API 2017.

“Kegiatan API 2017 sendiri diikuti oleh 34 provinsi dan 105 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang terwakili dalam 150 nominasi dalam 15 kategori yang ada,” kata Fahmizal.

Selanjutnya Fahmizal menjelaskan, Perolehan suara yang tercatat pada seluruh kategori. Secara total, sampai dengan tanggal 31 Juli 2017 tercatat sudah sebanyak 57.336 votes yang masuk. Dimana angka tersebut sudah melampaui jumlah votes dari penyelenggaran tahun sebelumnya. (*)