Pedagang Dibiarkan Bebas Berjualan di Badan Jalan Tuanku Tambusai

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Sejumlah pedagang terkesan bebas berjualan menggunakan badan jalan di Kota Pekanbaru. Seperti halnya di Jalan Tuanku Tambusai, Jalan HR Subrantas, sebagian Jalan Sudirman dan jalur lainnya. Kondisi ini selain sangat menganggu arus lalulintas, juga menyalahi aturan.

Anggota DPRD Pekanbaru Herwan Nasri ST meminta kepada OPD terkait segera menindaknya. Karena jika dibiarkan akan sulit ditertibkan. Selain itu peruntukkan jalan tersebut bukan berjualan.

“Paling parah itu Jalan Tuanku Tambusai. PKL jualan buah-buahan pakai mobil dan penjual aki. Dulu alasannya jual buah karena musiman, tapi sudah permanen nampaknya,” kata Herwan, Selasa (28/11/2017).

Dia mengaku pernah berbincang dengan PKL tersebut. Para PKL nekad berjualan menggunakan badan jalan, karena mereka menyetor ke oknum tertentu. Sehingga mereka dijamin diperbolehkan berjualan. Padahal, hal ini tidak dibenarkan sama sekali.

“Kita kan tahu kondisi Jalan Nangka itu sempit. Ditambah pula PKL berjualan, maka akan menambah kemacetan. Ini sangat kita sayangkan. Makanya, kita minta OPD terkait segera menertibkan. Sebab, tidak ada aturan apapun memperbolehkan mereka,” tambahnya.

Politisi Partai Golkar ini justru menekankan, agar pemerintah melalui OPD-nya bersikap tegas. Sebab, lebih penting kemaslahatan masyarakat banyak, dari pada kepentingan segelintir orang. Jangan jadikan alasan ekonomi, membenarkan untuk mengangkangi aturan yang sudah dibuat.

“Jika tidak dimulai dari sekarang, maka akan bertambah banyak nanti. Makanya harus dibersihkan. Kita juga minta tindak tegas jika ada oknum yang bermain di sana,” tutupnya. (*)