Warga Miskin di Riau akan Disubsidi Beli Rumah, Dewan Bahas Ranperda Perumahan 

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) bantuan perumahan untuk masyarakat miskin juga akan mengakomodir bantuan subsidi perumahan. Bantuan itu menyasar masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki rumah.

Bagi masyarakat kurang mampu yang akan membeli rumah, bisa mendapatkan rumah dengan harga yang murah dan lebih terjangkau. Bagi yang akan menyicil, bisa membayar dengan angsuran lebih kecil dan DP (down payment) juga lebih kecil.

Ketua Panitia Khusus DPRD Riau yang membahas bantuan perumahan untuk masyarakat miskin, Yusuf Sikumbang mengatakan, dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (Apernas) Provinsi Riau.

“Dalam Ranperda bantuan rumah tersebut, selain baruan perumahan rumah layak huni, kita juga akan mengakomodir bantuan perumahan dengan harga murah untuk masyarakat kurang mampu. Beberapa hari lalu kita sudah melakukan pembahasan dengan Apernas dan juga pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN),” kata Yusuf Sikumbang, Minggu (3/12/2017).

Yusuf juga mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus menggesa perda bantuan perumahan tersebut, sehingga bisa segera digunakan Perda tersebut, setelah pihak Pemprov Riau menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub).

Sementara itu, Ketua Apernas Riau, Muhammad Tulus mengatakan, pihaknya dan Pansus juga menyepakati beberapa hal untuk masuk dalam regulasi Perda, di antaranya adalah, mempermudah perizinan bagi pengembang perumahan, kemudian Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang sudah dibahas agar tidak lagi masuk ke dalam wilayah hutan. (*)