Efek KB Bikin Gemuk hingga Kanker, Mitos atau Fakta

Banyak informasi terkait efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi pada kaum wanita. Tidak sedikit ketakutan kaum wanita akan efek kegemukan hingga kanker yang mengintai usai pemakaian kontrasepsi.

Pada efek samping kegemukan, ternyata itu hanya mitos. Faktanya, kandungan hormon dari alat kontrasepsi, tidak begitu besar.

“Hormon yang dipakai rendah sekali kok. Jadi tidak sebabkan gemuk sebenarnya,” ujar spesialis Obgyn, dr. Biran Affandi, SpOG, di Jakarta.

Kondisi kegemukan, dipaparkannya, karena dipicu oleh minimnya rasa stres pada wanita. Akibatnya, pola makan dan hidupnya menjadi lebih bebas tanpa diatur dengan baik.

“Efek samping gemuk itu terjadi karena si wanita sudah nyaman dengan tubuhnya. Dia merasa senang dengan pemakaian KB yang menghilangkan ketakutan hamil lagi, jadi dia pola hidupnya jadi tidak teratur,” kata dia.

Tidak hanya itu, efek samping dari KB yang juga sempat ditakutkan adalah hadirnya kanker payudara. Lagi-lagi itu hanya mitos. Sebab, kaitan antara keduanya belum terbukti secara penelitian.

“Penelitian menyatakan bahwa sebenarnya orang pakai suntik hormonal atau KB hormonal lainnya, tidak berkaitan dengan kanker payudara.Sudah ada buktinya bahwa tidak berkaitan, jadi tidak perlu dikhawatirkan,” ujarnya.