oleh

Telan Rp 6 Miliar, Pasar Kecamatan Perdana di Pekanbaru Segera Difungsikan

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Satu di antara program 5 ribu pasar Pemerintah Pusat di Pekanbaru akan segera difungsikan. Pembangunan pasar ini sudah hampir rampung.

Proyek menelan dana Rp 6 miliar itu disebut Pasar Tengku Kasim, merupakan pasar kecamatan perdana di Pekanbaru yang terletak di Rumbai.

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Irba Sulaiman mengatakan, pihaknya menargetkan awal Januari 2018, Pasar Tengku Kasim sudah ditempati pedagang.

“Kita akan libatkan LPM dalam pendataan pedagangnya. Sehingga tidak ada tumpang tindih dalam proses penempatan pedagang,” ujar Irba, Jumat (29/12).

Pembangunan Pasar Tengku Kasim sudah dimulai sejak awal oktober 2017 lalu. Pasar yang dibangun di atas lahan seluas 1 hektare ini memiliki 196 los dan 5 kios.

Pihaknya tetap akan memprioritaskan pedagang tempatan yang selama ini berjualan di sekitar lokasi pasar tengku kasim. Sebab di depan pasar tengku kasim sudah ada pedagang pasar kaget yang berjualan 3 hari selama satu pekan.

“Nanti kalau Pasar Tengku Kasim itu sudah diresmikan mereka bisa berjualan setiap hari. Jadi tidak tiga kali lagi dalam seminggu,” paparnya.

Keberadaan Pasar Tengku Kasim memang sangat dinantikan oleh pedagang dan warga sekitar. Sebab selama ini banyak berdiri pasar kaget yang ada di sekitar Pasar Tengku Kasim. Bahkan saat penertiban beberapa waktu lalu sempat terjadi aksi bentrokan antara petugas Satpol PP dan pedagang.

“Pasar Tengku Kasim ini merupakan salah satu pasar prototipe Pak Jokowi dalam program 5 ribu pasar,” urai Irba. (*)