Dukung Pariwisata Riau, Bus DAMRI Buka Trayek Bangkinang-Candi Muara Takus

BANGKINANG – Bus besutan Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (DAMRI) akan mengembangkan trayeknya di Kampar. Setelah Bangkinang-Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, trayek Bangkinang-Candi Muara Takus akan menyusul.

Kepala Dinas Perhubungan Kampar, Hambali mengatakan, Kementerian Perhubungan dan pihak DAMRI telah menyetujui trayek itu. Trayek baru ini dinamakan perintis. Berbeda dengan Bangkinang-Bandara yang dinamakan pemadu moda.

“Sebenarnya sudah lama kita usulkan. Akhirnya sekarang disetujui,” kata Hambali, Kamis (4/1/2018).

Menurut dia, trayek ini sengaja diajukan guna mendukung pengembangan pariwisata. Itu sebabnya, perhentian akhir trayek ini ditempatkan di Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar.

Pada dasarnya, kata Hambali, trayek ini untuk masyarakat yang selama ini kesulitan mendapat jasa transportasi dari wilayah tersebut ke Bangkinang. Terutama masyarakat menengah ke bawah. “Makanya ongkos pun cuma 10.000 sekali jalan,” tandasnya.

Hambali menambahkan, pihak DAMRI akan menyediakan dua unit mikrobus. Dilengkapi dengan pendingin udara. Bahkan, kata dia, lebih bagus dari tiga unit mikrobus yang sebelumnya telah melayani trayek Bangkinang-Bandara.

Soal kapan kedua bus akan beroperasi, Hambali belum dapat menyebut hari dan tanggalnya. Namun ia optimis akan diluncurkan pada Januari 2018 ini. “Tinggal cari jadwal aja. Rencananya Januari ini launching,” tutupnya. (*)