Kecelakaan Lalulintas di Pekanbaru Dapat Ditangani Cepat PSC Diskes Riau

PEKANBARU – Dinas Kesehatan Provinsi Riau menargetkan pada Februari 2018 mengoperasikan Public Safety Center atau PSC.

Yakni sebagai pusat layanan kegawatdaruratan untuk masyarakat agar mendapatkan pelayanan cepat ke fasilitas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir mengatakan, ruangan PSC dibangun di bagian kiri dari gerbang masuk gedung Dinas Kesehatan Riau Jalan Cut Nyak Dien, Kota Pekanbaru.

Dia menjelaskan, PSC tersebut akan menerima laporan masyarakat apabila ada kecelakaan lalu lintas di Kota Pekanbaru. Pelapor hanya perlu menghubungi nomor telepon 119, yang didahului dengan kode area Pekanbaru 0761.

“Di PSC akan ada operator, perawat dan dokter yang siaga 24 jam dibagi dalam tiga shift,” ujar Mimi, Senin (8/1).

Fasilitas kegawatdaruratan itu juga dilengkapi dengan empat unit mobil ambulans. Warga yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan sudah menelepon PSC akan dijemput segera ke lokasi kejadian, dan dibawah hingga ke fasilitas kesehatan terdekat untuk cepat mendapat perawatan. “Layanan ini gratis,” katanya.

Layanan ini masih akan dilengkapi sebelum diresmikan, terutama untuk berkoordinasi dengan kepolisian, Jasa Raharja dan rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

Ia mengatakan, layanan serupa baru ada di Kota Dumai yang sudah beroperasi dengan nomor telepon 119. Pelayanan di Dumai bersifat luas, tidak hanya untuk korban kecelakaan lalu lintas.

Karena itu, ia berharap agar semua pemerintah kabupaten/kota di Riau untuk segera membuka PSC karena layanan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalau di tiap kabupaten/kota sudah ada, maka PSC di Dinas Kesehatan Provinsi Riau tinggal menjalankan fungsi koordinator saja,” lanjut Mimi. (*)