Gubri: Pulau Rupat akan Jadi Kawasan Wisata Terkenal

PEKANBARU – Dalam dialog sekaligus pelantikan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik (HMP IP) Universitas Riau, Gubernur Arsyadjuliandi Rachman memaparkan soal potensi wisata Pulau Rupat.

Menurut gubernur untuk potensi pariwisata di Rupat Utara sangat besar. Apalagi memiliki keindahan alam yang tidak kalah dari Pulau Bali dan Lombok.

“Lokasinya strategis pula berada di Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan terpadat di Asia Tenggara, itu baru dari sisi pantai,” ujar Andi Rachman sapaan akrabnya, Rabu (10/1).

Dia juga bercerita saat ini sudah dilakukan pengembangan, terutama pembangunan homestay dan penginapan lainnya. Sehingga Rupat akan menjadi tujuan wisata mendunia.

“Homestay sudah ada, dan kuliner juga sudah banyak yang bisa dikembangkan di Rupat. Pokoknya Rupat akan kita jadikan destinasi wisata yang dikenal,” sebut gubri.

Sebagai upaya pengembangan juga dilakukan dengan terus meningkatkan promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi. Ini sudah terbukti dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke Rupat tersebut.

“Infrastruktur jalan juga terus dilakukan sharing anggaran dari provinsi dan Kabupaten Bengkalis,” jelasnya.

Tidak hanya Pulau Rupat namun daerah lain, ini dibuktikan keseriusan kabupaten/kota terhadap pariwisata dengan menangnya Anugerah Pesona Indonesia (API), dimana Riau berhasil jadi juara umum.

“Kabupaten/kota sudah serius dalam mengembangkan pariwisata, dan ini sudah mulai kita lihat hasil,” jelasnya.

Sebagaimana dalam pertemuan itu, juga mengangkat tema “Pengembangan Pariwisata dan Pembangunan Desa-desa Pesisir Utara Pulau Rupat”. Selain Seminar juga dilakukan pelantikan pengurus HMP IP dengan ketuanya Rannuh Wijaya Putra.

Sehari sebelumnya Gubri juga memaparkan potensi pariwisata Riau kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta asal Riau.

Gubri mengajak generasi muda untuk menjadi duta dalam menjelaskan segala hal positif tentang Riau, “bicara baik tentang Riau”.

Dalam kesempatan itu, Andi Rachman mengajak generasi muda untuk bahu membahu untuk membangun Provinsi Riau, berbagai kebijakan seperti pengembangan Pariwisata berbasis budaya, pengembangan daerah pesisir, merupakan langkah berani untuk membangun Riau ke depan. (*)