Belum Dapat Izin Pemprov Riau, Peresmian RSUD Pekanbaru Kembali Tertunda

PEKANBARU – Warga Pekanbaru nampaknya masih harus bersabar untuk mendapatkan layanan kesehatan dari RSUD Pekanbaru. Pasalnya, rencana launching yang bakal dilakukan tidak kunjung pasti karena adanya proses yang belum terselesaikan.

Menanggapi hal ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy mengatakan, jika peresmian RSUD Pekanbaru ini mengalami penundaan.

“Untuk peresmian memang ada penundaan. Karena rencananya pada tanggal 27 Desember 2017 lalu. Tetapi kita harapkan pada bulan Januari ini bisa diresmikan, sehingga masyarakat bisa berobat di sana. Kita berdoa agar peresmian RSUD bisa terlaksana dengan baik,” kata Zaini Rizaldi, Kamis (11/1).

Dikatakannya, saat ini progres pembangunan fisik RSUD Pekanbaru sudah tuntas. Meski ada beberapa item yang belum selesai pembangunannya seperti kamar jenazah, dapur umum, wastafel serta kloset.

“Semua fasilitas pendukung lainnya sudah selesai dibangun. Seperti peralatan, sarana dan prasarana. Selain itu, juga penerangan lampu, kamar mandi sudah selesai dibangun,” ujar Zaini.

Dia menambahkan, untuk tenaga kesehatan, seperti dokter, tenaga adminstrasi dan sebagainya sudah disiapkan sebanyak 70 orang.

“Tenaga kesehatan ini diambil dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan OPD lainnya. Makanya semua itu akan kita siapkan,” imbuhnya.

Perkembangan saat ini kata dr Zainy, RSUD Pekanbaru menunggu persetujuan Pemprov Riau. “Insya Allah Perwako RSUD segera keluar,” katanya.

Mengenai kendala saat ini, kata dr Zaini, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) RSUD Pekanbaru belum bisa berjalan sesuai teknis dan adminstrasi. Meski berbentuk RSUD, kata Zaini lagi, kepalanya masih direktur utama.

“Target kita dalam tiga atau empat minggu ini RSUD sudah launching. Kita tunggu jadwal Pak Walikota,” pungkasnya. (*)