Samudera Siak dan Bosowa Teken Bergabung Di Venture

SALISMA.COM (SC), SIAK – Penandatanganan perjanjian kerja sama dalam bentuk join venture antara PT Samudera Siak dan PT Bosowa Bandar Indonesia, dilakukan langsung oleh Subardo selaku Direktur PT Samudera Siak dan Joko Widiatmoko yang menjabat Direktur Bosowa Bandar dengan disaksikan langsung oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi di kantor Bosawa, Menara Karya lantai 16 Jakarta, Rabu (31/1) pagi.

Di hadapan Direksi PT Samudra Siak dan PT Bosowa, Syamsuar menyambut baik dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian usaha patungan tersebut. Kesepakatan ini kata Syamsuar, semakin cepat dilaksanakan semakin baik untuk percepatan pembangunan pelabuhan Tanjung Buton.

‘’Saat ini para investor sudah sangat ingin untuk berinvestasi, baik di kawasan industri maupun di kawasan pelabuhan. Semoga dengan ini target percepatan pengembangan kawasan dapat tercapai,” tegas Syamsuar.
Apalagi saat ini, kata Syamsuar, Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) masuk dalam proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58/2017, tercantum pada urutan 232.

‘’Kita diuntungkan karena faktor kawasan industri yang berdekatan dengan kawasan pelabuhan,” ujarnya.
Dalam paparannya Joko Widiatmoko menyebutkan PT Bosowa Corporindo sangat mendukung pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengembangkan kawasan KITB. Penetapan KITB sebagai kawasan ekonomi khusus melalui Peraturan Presiden Nomor 58/2017 menjadi spirit bagi pihaknya untuk terus berkomitmen membangun kawasan tersebut.

Ada tiga poin dalam perjanjian patungan tersebut, di antaranya melaksanakan pengelolaan dan pembangunan Kawasan Pelabuhan Tanjung Buton sesuai yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Melaksanakan kerja sama yang saling menguntungkan baik ditinjau dari aspek keuangan maupun aspek manfaat nasional. Kemudian untuk menunjang peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan dan sektor perdagangan sehingga dapat memberikan daya tarik kepada pemakai kawasan pelabuhan dan terwujudnya fasilitas kepelabuhanan yang baik.
Hadir saat itu sejumlah pejabat terkait dari Pemkab Siak, pejabat dari Bosowa serta pimpinan dan komisaris dari BUMD Siak. (*)