Google Doodle Hari Ini Tampilkan Sosok Pelukis Diri Tanpa Busana

Google kembali menampilkan seorang tokoh di halaman terdepan pencariannya hari ini, Kamis (8/2/2018). Google menampilkan sosok perempuan yang dikelilingi oleh banyak lukisan.

Lantas siapa sosok perempuan dengan memegang alat lukis tersebut? Menariknya, sosok tersebut ialah seorang pelukis perempuan yang terkenal dengan karya lukisan diri tanpa menggunakan busana. Sosok tersebut ialah Paula Modersohn-Becker, seorang pelukis perempuan asal Jerman.

Paula Modersohn-Becker dipilih google hari ini bertepatan dengan hari lahirnya yang jatuh pada tanggal 8 Februari. Paula sendiri lahir pada tahun 1876 silam dan meninggal di usia ke-31 pada tahun 1907. Jika masih hidup, kini usia Paula diperkirakan tepat 142 tahun.

Lantas bagaimana perjalanan karir Paula? Perjalanan karir perempuan yang menikah dengan Otto Modersohn, bisa dibilang cukup singkat. Paula berkarir direntang waktu tahun 1897 hingga tahun 1907. Meski singkat, Paula menghasilkan cukup banyak karya lukisan. Kurang lebih 600an lukisan dan 1000an sketsa studi lahir dari sentuhan tangan Paula.

Dikenal sebagai salah seorang pelukis perwakilan ekspresionisme dan pelukis perempuan pertama yang melukis potret diri tanpa busana, kini beberapa karya Paula terpajang di Museum Paula Modersohn-Becker, yang tentunya bisa kita nikmati dan amati arti lukisannya. (*)