Pengangkatan Guru Honor Belum Pasti, BKD Riau Tunggu Arahan Menpan RB

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pemprov Riau belum dapat memastikan soal pengangkatan guru honor menjadi CPNS. Karena hingga saat ini belum ada arahan dari pusat terkait hal itu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau Ikhwan Ridwan menyebutkan, pihaknya masih menunggu arahan dari Menpan soal pengangkaran guru honor sebagai CPNS.

“Belum ada arahan sampai sekarang. Kita tunggu sajalah. Malah saya dapat kabar yang honor tidak diangkat. Tapi yang jelas kita menunggu,” ujar Ikhwan, Selasa (13/2).

Pengakuan yang sama juga dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Ahyu Suhendra yang juga menyebutkan belum ada arahan dari pusat. Namun pihaknya di daerah menunggu arahan tersebut jika benar ada pengangkatan.

“Kami masih menunggu kabar lanjutan. Memang ada wacana pengangkatan guru honorer jadi CPNS, tapi belum teknisnya keluar,” ujar Ahyu.

Sebagaimana diketahui jumlah Guru Honor Daerah Provinsi Riau saat ini sebanyak 2.568 ditambah lagi guru Komite yang digaji melalui anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebanyak 5.132 orang.

Sebelumnya pemprov juga sempat mengajukan formasi CPNS khusus untuk guru ke Menpan RB untuk CPNS tahun 2018 ini sebanyak 1.200-an lebih formasi.

Kemenpan-RB meminta Kemendikbud mendata jumlah guru honorer. Pendataan ini diperlukan untuk mengetahui jumlah guru honorer. Pemerintah berwacana akan mengangkat guru honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini. (*)