Pemprov Riau Ingin Pemko Pekanbaru Punya Tawaran Konsep Jelas Terkait Rencana Akan Dibangunnya Pasar Induk

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pemprov Riau ingin Pemko Pekanbaru punya tawaran konsep jelas terkait rencana akan dibangunnya pasar induk.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi ingin, konsep pasar induk yang dibangun betul-betul mewakili keinginan semua pihak. Sehingga pengelolaan pasar dan jalur distribusi barang bisa tertata baik dan rapi.

“Nah konsep-konsep itu menurut saya perlu dikoordinasikan. Di Pemprov Riau sendiri kan kami punya OPD terkait. Mereka bertugas untuk lakukan pembinaan dan sistem distribusinya,” katanya, Rabu (21/2/2018).

Dia berkata, semua itu perlu dicermati dan semua itu terpulang lagi ke Pemko Pekanbaru sebagai pihak yang punya proyek akan menjadi itu sebagai pasar apa. Apakah untuk distribusi daerah, atau regional.

Hijazi menilai, walau bagaimanapun langkah koordinasi ke Pemprov Riau sebaiknya dilakukan oleh Pemko Pekanbaru, agar kendala dalam realisasinya bisa diperbantukan.

“Saya rasa kalau memang itu mau dijadikan sebagai pusat distribusi regional lebih bagus ketimbang lokal saja. Makanya itu perlu dikoordinasikan dengan Pemprov Riau dan kabupaten dan kota lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru akan menggesa pembangunan pasar induk di kawasan Arengka ujung sekitar kawasan Damai Langgeng.

Sebelumnya Kota Pekanbaru, bahkan Riau tak punya pasar induk. Untuk di Kota Pekanbaru sendiri, misalnya, aktivitas distribusi sembako langsung didrop ke pasar tradisional. (*)