Bahas Lahan Gambut Terbakar, Pertemuan BRG dan Pemprov Riau Tanpa Plt Gubri

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan pertemuan di Ruang Kenanga Lantai III Kantor Gubernur Riau, Jumat (23/2/2018). Meski tak dihadiri oleh Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, forum ini tetap dilaksanakan dan diwakili oleh Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie.

“Plt Gubri sedang tak berada di tempat. Karena ada acara lain,” ujar panitianya

Informasi yang diterima bertuahpos.com di lokasi acara, bahwa pertemuan ini sengaja digagas oleh pihak BRG untuk membahas masalah Karhutla di lahan gambut di Riau. Sebab Riau masuk dalam salah satu wilayah kerja BGR untuk pemulihan sisa gambut yang terbakar.

Pasca Karhutla hebat di Riau pada tahun 2014-2015 lalu, ada banyak kawasan gambut di Riau terbakar. Misi BRG lebih kepada penyelamatan lingkungan, kemudian bekerjasama dengan organisasi penggiat lingkungan di Riau.

Pemprov Riau sendiri, sejak awal Riau dijadikan sebagai sasaran kerja perbaikan gambut menyatakan sikap sejutu dan memberikan dukungan kepada BRG untuk melakukan tugasnya. Namun sudah beberapa tahun lembaga ini berjalan, tetap saja masih ada lahan gambut di Riau terbakar.

“Pertemuan antara Pemprov Riau dan BRG ini mungkin sampai siang,” katanya. (*)