Bawaslu Riau Akui Waspada terhadap Uang Politik

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengakui bahwa politik uang menjadi perhatian utama pihaknya di Pilgub Riau 2018.

“Money politik atau politik uang, kita akan berupaya mencegah hal itu terjadi,” terang Rusidi Rusdan, Selasa, 27 Februari 2018.

Dikatakan Rusidi, ada 2 strategi yang akan diterapkan pihaknya dalam menangani politik uang, yaitu pencegahan sebelum terjadi, serta penindakan setelah ada pelanggaran.

“pertama adalah pencegahan, dan yang kedua adalah penindakan setelah terjadi pelanggaran tersebut,” paparnya.

Selain politik uang, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) juga menjadi perhatian utama Bawaslu Riau. Dalam berbagai kesempatan, Rusidi selalu menekankan betapa terlarangnya ASN mendekati dunia politik.

“Jangankan untuk bergabung, untuk like status salah satu calon atau partai di media sosial saja tidak boleh,” kata Rusidi.

Sebagaimana diketahui, tahapan kampanye Pilgub Riau 2018 telah dimulai. Ada 4 pasangan calon yang akan bertarung pada 27 Juni 2018 nanti, yaitu Syamsuar-Edy Natar, Lukman Edy-Hardianto, Firdaus-Rusli Effendi, dan Arsyajuliandi Rahcman-Suyatno. (*)