HIPMI Riau: Berurusan dengan Pemerintah Susah!

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Riau mengeluhkan bagaimana rumitnya berurusan dengan pemerintah. Itu diungkapkan oleh Ketua Umum HIPMI Riau Datuk Seri Niaga Budi Febriadi, Selasa 27 Februari 2018.

Kata Budi, HIPMI sebagai organisasi menaungi kaum pengusaha muda di Riau selama ini merasakan betul bagaimana rumitnya berurusan terutama terkait perizinan, lisensi ataupun legalitas. “Itu yang selalu menjadi keluhan karena pemerintah tidak pernah menetapkan kepastian aturan yang mutlak,” katanya.

HIPMI, Budi berujar, meminta pendampingan dengan Ombudsman Riau sebagai lembaga independen pemerintahan bisa memberikan dukungan dalam pengembangan kaum muda menjadi pengusaha. Sebab ini akan sangat berdampak terhadap lapangan pekerjaan baru.

“Kami meminta dukungan dari Ombudsman yang merupakan lembaga independen pemerintahan agar bisa mendukung HIPMI Riau dalam mengembagkan generasi muda menjadi pengusaha yang juga tujuannya juga dalam menekan angka pengangguran di daerah.

“Jujur, tidak ada generasi muda di Riau ini yang tidak mau jadi pengusaha, tapi karena selama ini tidak ada dukungan dan sulitnya untuk berurusan menjadi salah satu hal yang mematikan langkah mereka yang seharusnya jadi perhatian khusus bagi pemerintah,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama ini pengurusan dengan pemerintahan tidak ada berbelit yang juga demi kepentingan, mungkin sudah banyak masyarakat maupun generasi muda Riau yang menjadi pengusaha, namun inilah kenyataannya yang terjadi.

“Sebenarnya secara proses memang tidak ada pengurusan yang bisa langsung tuntas jika memang sesuai prosedur atau masih wajar dan tidak berlarut-larut, tapi masyarakat tidak akan mempermasalahkan, tapi kalau sudah mendalam itu yang jadi permasalahan, apa lagi sampai bertahun-tahun yang juga membutuhkan biaya besar yang akhirnya masyarakat pun jadi putus asa,” katanya.

“Dengan itu kita berharap dengan adanya dukungan dari Ombudsman ini, pengusaha generasi muda di Riau akan lebih baik dan sukses kedepannya,” tuturnya. (*)