Pasca Kebakaran, Pengelola Plaza Suka Ramai Mengklaim Telah Membongkar Seluruh Struktur lama yg Terbakar

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pengelola yang bertanggung jawab dalam pembangunan kembali Plaza Sukaramai mengklaim telah membongkar hampir seluruh struktur lama yang terbakar.

Seperti yang diterangkan oleh Kepala Cabang PT MPP Pekanbaru Suryanto, Senin 12 Maret 2018, pembangunan struktur bangunan baru telah dikaji oleh beberapa tim ahli.

“Struktur dilakukan pekerjaan berdasarkan hasil kajian assessment struktur oleh Prof Sugeng Wiyono dan tim. Jadi ada yang dibongkar habis, bongkar sebagian dan perkuatan dengan mebggunkan material impor k500 product Jepang,” terangnya.

Suryanto turut menerangkan, lantai bawah atau basement yang sempat dikhawatirkan pasca kebakaran, dipastikan akan tetap digunakan kedepannya.

“Lantai basement atau dasar lama tetap menjadi pertokoan. Tetapi sudah modern layoutnya. Sudah berubah dengan fasilitas full AC, escalator di setiap pojok, splinker, het detector, serta disfusser AC di setiap toko,” jelasnya.

Selain lantai basement yang berubah, Suryanto juga menjelaskan nantinya Plaza Sukaramai juga akan dilengkapi dengan keberadaan studio bioskop.

“Di lantai 3 bersebelahan dengan anchort tenant Ramayana. Jumlahnya ada 4 room bioskop,” tuturnya.

Suryanto menambahkan, saat ini proses renovasi pembangunan Plaza Sukaramai yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman telah melebihi 60 persen.

“Semua sesuai target. Kita serah terima secara bertahap diakhir April atau awal Mei. Sementara operasionalnya kita targetkan mulai di bulan Oktober. Untuk jumlah pedagang yang telah mendaftar hampir 1.200 lebih. Kita utamakan bagi pedagang pemegang Kartu Tanda Bukti Hak (KTBH),” pungkas Suryanto.

Seperti yang diketahui, Plaza Sukaramai atau dulu lebih dikenal dengan sebutan Ramayana Sudirman ini sempat terbakar di tahun 2015 silam. Plaza Sukaramai merupakan pasar milik Pemerintah Kota Pekanbaru yang dikelola PT MPP dan akan berubah nama menjadi Sukaramai Trade Center. (*)