Dinas PUPR Rohul Prioritaskan Perbaikan Jalan Poros Perkebunan

PASIRPANGARAIAN – Pemkab Rokan Hulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memprioritaskan perbaikan jalan poros perkebunan dalam upaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Rokan Hulu, Anton ST MT mengatakan, setiap tahun diprioritaskan perbaikan kerusakan ruas jalan poros desa juga jalan lingkungan desa. Khususnya jalan yang jadi lintasan angkutan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat di 16 kecamatan.

Jalan desa yang jadi angkutan produksi Tandan Buah Segar (TBS) milik masyarakat akan diperbaiki dalam tahun ini secara bergiliran.

“Perbaikan kerusakan jalan desa tersebut, sepanjang adanya laporan dan usulan proposal yang disampaikan kepala desa ke Dinas PUPR Rohul,” katanya, Selasa (13/3).

Anton menyatakan, pada tahun ini Dinas PUPR Rohul mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pemeliharaan ruas jalan kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan sepanjang 190 km.

Kemudian, kegiatan pemeliharaan rutin ruas jalan yang jadi kewenangan kabupaten tersebut, dilaksanakan dengan sistim swakelola yang dananya telah dialokasikan dalam DPA Dinas PUPR Rohul sekitar Rp 7,12 miliar.

“Kerusakan infrastruktur jalan pedesaan jadi prioritas untuk dilakukan perbaikan. Sehingga dengan lancarnya akses jalan desa, masyarakat dalam mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan tidak terganggu dan mengalami kendala,” beber dia.

Anton mengaku, perhatian pemerintah daerah terhadap pembangunan infrastruktur pedesaan itu, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Rohul kencang membangun desa, lincah menata kota.

“Secara bertahap pemerintah daerah setiap tahun perhatikan pembangunan jalan poros maupun jalan desa, sehingga dengan lancarnya pendistribusian pengangkutan TBS kelapa sawit, memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat,” ujarnya. (*)