HUT Riau, Pemerintah Rohil Siap Jalankan IT Terintegrasi

SALISMA.COM (SC), ROHIL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir menggelar Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau ke-59. Pelaksanaan peringatan ditandai dengan apel di Halaman Kantor Bupati, Jalan Merdeka, Bagansiapapi, Selasa (9/8/16) pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Bupati H Suyatno adalah Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Drs H Surya Arfan MSi dan dihadiri seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinnan Daerah (Forkopimda).

Dalam amanatnya, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman yang dibacakan Sekda, menitipkan beberapa pesannya kepada seluruh masyarakat untuk kemajuan bumi Melayu dimasa yang akan datang.

Gubri mengatakan hari jadi Riau kali ini merupakan kesempatan bagi Riau untuk mengembalikan memori kepada amal bakti para pejuang. Sehingga bisa menikmati momentum kemerdekaan.

“Kalau ikuti jejak sejarah Riau selama 59 tahun, Riau seharunya saat ini sudah sangat matang dengan kemajuan,” ujar Sekda membacakan sambutan.

Dia juga membahahas tentang visi Riau 2020 tersebut dan menjadi acuan pembangunan. Sedikit saja terjadi persoalan dunia akan sangat berdampak bagi Riau. Dalam kancah MEA, daya saing Riau jauh tertinggal, yakni pada urutan ke-16 di seluruh Indonesia.

Meningkatkan produktifitas daya saing rakyat butuh tenaga dan pemikiran banyak agar bisa terwujud agar bisa memberikan dampak langsung bagi masyarakat. Pemerintah juga harus kreatif melakukan pengembangan, mengingat Riau tidak bisa bergantung pada sektor Migas dan sawit.

Pemprov Riau menyadari masih ada banyak upaya yang dilakukan untuk mewujudkan cita-cita Riau dalam koridor Asia Tenggara. Salah satunya fungsi optimalisasi kinerja pemerintah harus dioptimalkan.

Dengan mengangkat jargon “Riau Go IT” atau Riau menuju perkembangan Informasi Teknologi, pada perayaan Hut Riau ke 59 tahun 2016, konsen untuk memperbaiki kualitas pelayanan dengan memanfaatkan teknologi dan informasi merupakan langkah yang tidak bisa ditawar.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun Riau melalui bidang profesinya masing-masing. Dijelaskannya, bagi kalangan pengusaha diminta untuk meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sekda menambahkan, bahwa Rohil merupakan salah satu Kabupaten di Riau bertekat untuk mensukseskan program Riau tahun 2020 dan untuk perkembangan IT juga telah mulai dilaksnakan di Satker-Satker.
“Semua Dinas dan Badan kita secara bertahap sudah memiliki Website sendiri sehingga bisa terintergrasi dengan web Provinsi maupun web Rokanhilir.go.id,” jelas Sekda.

Dalam apel pagi itu juga menyanyikan lagu Mars dan Hymne Rokan Hilir didepan peserta upacara serta dilanjutkan dengan pembacaan visis misi Riau oleh Wakil Ketua DPRD Rohil Suyadi. Usai apel langusng dilakukan absensi oleh masing-masing Satker sebagai salah satu bentuk melihat kedisiplinan pegawai dan honorer. (Adv)