oleh

Inilah Rumah Sakit Jorok dan Bau!

-Dunia-10 views

SALISMA.COM – Ruang kamar yang sempit‎ berukuran satu kali setengah meter, tempat infus duduk, hingga bangsal yang tanpa sekat di lorong jalan menjadi penggalan pemandangan sehari-hari sebuah rumah sakit di Tiongkok. Tepatnya di rumah sakit Guiyang Medical University Hospital, Guiyang, Guizhou, Tiongkok.

T‎idak cukup sampai di situ. Kamar mandi rumah sakit juga jorok dan berbau tajam. Tidak ada cleaning service yang selalu menjaga kebersihan kamar mandi menyebabkan kamar mandi kotor. Bau pesing dan kotoran manusia bahkan tercium hingga ke tempat pasien dirawat.

“Kamar mandinya jorok. Bau! Banyak kotoran yang nggak dibersihkan,” begitu kata Lutviah‎, seorang delegasi Indonesia dalam Pekan Kerjasama Pendidikan Tiongkok-ASEAN ke-8 di Guiyang, Guizhou, Tiongkok yang dilansir RMOL Selasa, (4/8).

Perwakilan dari Makassar, Sulawesi Selatan itu tengah menjaga delegasi Indonesia ‎Rizki Ratnawati Hartami Putri yang dirawat karena mengalami demam tinggi.‎
‎ ‎‎
‎Sementara untuk kondisi di malam hari, pasien mau tidak mau harus mendengarkan dengkuran dari pasien lain dan para penjaga pasien yang terdengar bersahutan. Pembatas antar bangsal yang hanya sebatas ‎kain tipis dan jarak antar bangsal yang berdekatan, hanya berjarak setengah meter, menjadi penyebabnya.

Begitu ‎sepenggal kisah mengenai kondisi rumah sakit di Tiongkok yang tidak menjaga kebersihan