oleh

Penyebab Gempa 6,4 SR Guncang Aceh

Penyebab Gempa 6,4 SR Guncang Aceh

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto),

Salisma.com-Gempa mengguncang wilayah Aceh Rabu pagi tadi.Dari Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pukul 05.03 WIB juga mengguncang kuat daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

“Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi terdampak gempa berupa kerusakan ringan seperti dinding retak dan atap rumah bergeser,” ucap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2016).

Riyadi menyatakan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan peta tataan tektonik Aceh, tampak bahwa di zona gempa memang terdapat struktur sesar mendatar.

“Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa Pidie Jaya dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault). Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut,” ujar Riyadi.

Hasil monitoring[ BMKG](goyang “”) menunjukkan hingga pukul 05.30 WIB sudah terjadi lima gempa susulan.Lebih tinggi sekitar 4,9 SR.

Masyarakat dihimbau untuk tidak mendengar omongan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan.ucap Riyaldi.sumberberita,liputan6.com.

portal mutia anisakh

Hasil gambar untuk foto gempa aceh 7 desember 2016