oleh

Ini Manfaat Menjadi Relawan

SALISMA.COM – Tak dibayar, bahkan malah mengeluarkan uang pribadi, merelakan waktu dan tenaganya. Itulah relawan atau yang juga disebut volunteer.Nampaknya kita melakukan sesuatu untuk orang lain, padahal menjadi relawan punya seabrek manfaat bagi diri sendiri.

Kesehatan, keterampilan, kepuasan hanya sedikit dari banyaknya manfaat yang bisa didapat dengan menjadi relawan seperti diungkapkan psikolog Ratih Ibrahim dalam acara yang digelar Nutrifood ‘Berbagi Inspirasi, Aksi Nyata Membangun Indonesia’ yang dilansir liputan6

1. Melayani orang lain sama dengan melayani diri sendiri pada saat bersamaan
Tanpa disadari pada saat menjadi relawan sama dengan melayani orang lain. Ketika mampu membuat seseorang lain jadi bahagia, rasa bahagia pun muncul pada diri kita.

2. Membangun hubungan dengan orang lain
Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang senang menjalin relasi dengan orang lain. Ia akan sehat jika berhubungan dengan makhluk hidup lain apalagi manusia. Tapi ketika dirinya menutup diri terhadap manusia lain ini artinya jiwanya sakit.

3. Menambah keahlian dan keterampilan
Semakin sering membantu orang lain sesuai dengan keahlian yang kita miliki makin mahirlah kita dalam bidang tersebut. Ratih mencontohkan seorang dokter yang menjadi relawan yang melakukan bedah bibir sumbing.

“Kalau di klinik dia mungkin hanya melakukan 3-4 pasien, tapi saat menjadi relawan ia melakukan pembedahan pada puluhan pasien. Tentu saja hal ini membuat ia makin jago dalam menangani hal tersebut,” ungkap psikolog lulusan UI ini.

4. Belajar sesuatu baru
Menjadi relawan itu seperti mencari jodoh, mencoba jadi relawan di sana atau di sini. Ada banyak hal. Hingga akhirnya merasa nyaman dengan sebuah tempat menjadi relawan. Nah pada saat menjadi relawan kita ditantang untuk melakukan sesuatu yang baru. Hal ini ‘memaksa’ kita untuk belajar hal baru.

5. Menyenangkan dan memberi kepuasan
Ketika mampu melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain akan membuat kita bahagia.

6. Baik untuk pikiran
Siapa yang tidak senang disapa, diajak berbicara, dengan orang lain. Hal ini mampu membuat pikiran kita jadi bahagia.

7. Meningkatkan kesehatan
Kesehatan fisik akan tercipta dengan menjadi relawan, asal benar-benar didasari tanpa pamrih. Orang-orang yang bahagia sel-sel tubuhnya tumbuh degan baik. Hal ini membuat seseorang jad jarang sakit.