oleh

Bahan Kimia Berbahaya Ini Sering Terdapat pada Kosmetik

SALISMA.COM (SC) – JIKA Anda berasumsi bahwa moisturizer, cleanser, sampo atau produk make-up yang Anda beli dari toko kosmetik atau supermarket aman untuk digunakan, baiknya pikirkan ulang. Pasalnya, banyak produk perawatan kecantikan mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak diketahui oleh pemakainya.

Untuk itu, cermatlah dalam memilih produk kecantikan yang akan Anda gunakan dengan mengetahui beberapa kandungan kimia berbahaya berikut ini.

  1. Oxybenzone

Kandungan ini terdapat pada sunscreen, moisturizer dan lip gloss. Oxybenzone harus dihindari karena akan berpotensi meningkatkan hormon disruptor yang mengganggu sistem endokrin.

  1. Phthalates

Ada beberapa produk sampo, sabun, hair spray, cat kuku dan semua produk perawatan kecantikan beraroma yang mengandung kandungan ini. Mengapa ini harus dihindari? Sebab, menurut Centers for Disease Control (CDC), phthalates ini dapat memengaruhi sistem reproduksi pria. Juga, untuk wanita hamil disarankan untuk menghindari cat kuku dan segala produk kecantikan yang beraroma.

  1. Sulingan petroleum

Lazimnya kandungan ini terdapat pada maskara yang berfungsi untuk melentikkan bulu mata. Akan tetapi ternyata sulingan minyak bumi ini dapat memicu kanker.

  1. Toluene

Toluene banyak terdapat pada cat kuku, ini berfungsi untuk membuat cat kuku terasa lebih lembut dan tampilannya lebih halus. Namun berdasarkan The US Environmental Protection Agency, paparan aroma dari toluene ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, mata, sakit tenggorokan dan sakit kepala.

  1. Fragrance

Agar nyaman ketika digunakan, semua produk menggunakan fragrance untuk memberi keharuman. Fragrance ini bisa meningkatkan reaksi alersi dan gangguan hormon pada tubuh manusia jika digunakan terlalu sering. Sayangnya, banyak produk yang tak menyantumkan dengan jelas kandungan fragrance yang aman pada produk mereka. (**)