Pabrik Baterai Samsung Terbakar di China

SALISMA.COM (EPC),TIANJIN – Setelah menimbulkan sejumlah ledakan, kali ini baterai ponsel yang diproduksi raksasa elektronik Korea, Samsung, menimbulkan masalah yang lebih serius. Baterai jenis lithium itu dilaporkan memicu kebakaran di pabrik pembuatnya di China.

Samsung SDI Co. yang menyuplai baterai untuk ponsel Galaxy Note 7 mengatakan, sebuah kebakaran kecil terjadi di pabriknya di Distrik Wuqing, Provinsi Tianjin. Untungnya, api dengan cepat dapat dipadamkan dan tidak ada korban akibat insiden tersebut.

Penyebab kebakaran masih belum jelas. Namun, dinas pemadam kebakaran mengatakan benda yang terbakar adalah baterai lithium-ion dan beberapa produk baterai semi-manufaktur.

Berdasarkan keterangan pihak berwenang, kebakaran terjadi pada Rabu, pukul 6 pagi waktu setempat. Tidak kurang dari 19 mobil dan 110 petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.

Juru bicara Samsung SDI, Shin Yoong-doo mengatakan, kebakaran terjadi di fasilitas pembuangan limbah dan tidak berpengaruh terhadap produksi baterai. Samsung SDI yang berafiliasi dengan Samsung Electronics Korea adalah satu dari dua penyuplai baterai untuk produk Samsung Galaxy Note 7 yang banyak dilaporkan meledak. (**)