oleh

Curi Sarang Walet, Satu Pelaku Kena Tembak

SALISMA.COM (SC),KAYONG UTARA – Anggota Sat Reskrim Polres Kayong Utara berhasil meringkus enam pencuri sarang walet. Bahkan, satu dari enam komplotan itu, Jo, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas. Dia mencoba melarikaan diri saat menunjukkan lokasi dimana dia beraksi.

Dari keenam pelaku, terdapat dua pelajar yang terlibat pada aksi pencurian tersebut. Jo merupakan resividis, sudah berulangkali melakukan pencurian dan dua kali masuk penjara. Sebelum sarang walet, Jo sering mencuri ayam di Kayong Utara. Tidak tanggung-tanggung dia menghabiskan puluhan ekor ayam di kandang saat beraksi. Penangkapan komplotan pelaku tersebut berkat kerja sama jajaran Polres Kayong Utara dan Polsek Sukadana.

Kasat Reskrim Polres Kayong Utara Iptu Charles B.N Karimar mengatakan, keenam pelaku pencurian sarang walet sudah sangat meresahkan warga. Jo, dari hasil pengembangan saat menunjukkan lokasinya beraksi, mencoba melarikan diri. Polisi terpaksa melumpuhkan kaki kanannya. Jo pun tersungkur.

“Tersangka atas nama Jo ini telah melakukan pembobolan rumah walet yang sangat meresahkan warga. Saat itu dari pengembangan dengan meminta menunjukkan TKP, tersangka mencoba melarikan diri. Terpkasa kita lumpuhkan,” kata Kasat Reskrim.

Charles mengatakan, keenam pelaku dijerat pasal 363 ayat 3, 4 dan 5. Dia megimbau masyarakat yang memiliki rumah walet agar memasang CCTV. Masyarakat juga harus kembali mengaktifkan Siskambling di setiap desa. (**)