Jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya

SALISMA.COM (SC) – BAGI sebagian besar orang, jerawat menjadi masalah yang menjengkelkan, terutama wanita. Munculnya jerawat terkadang tak bisa diprediksi waktu dan tempatnya pada wajah. Namun, ketahuilah tak semua jenis jerawat memiliki perawatan yang sama untuk menghilangkannya.

Ya, agar masalah jerawat bisa sembuh maksimal dan tidak menimbulkan bekas, Anda perlu menyesuaikan cara perawatan dengan jenis jerawat. Berikut penjelasannya.

  1. Jerawat besar dan memerah

Jerawat besar dan memerah umumnya disebabkan oleh hormon atau faktor keturunan. Jerawat yang disebut kista ini memang paling sulit disembuhkan serta sering menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasinya, bisa diobati dengan beberapa cara berbeda.

Salah satunya yang paling umum dengan mengaplikasikan produk mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Bisa pula dengan mengonsumsi obat probiotik melalui resep dokter. “Probiotik bisa membantu mengurangi kemerahan pada jerawat,” kata Kim Nichols, MD, dermatologist asal Greenwich.

  1. Jerawat kecil, memerah, dan tidak ada kepalanya

Tak seburuk jerawat kista, jenis jerawat ini juga disebabkan oleh hormon dan faktor keturunan ini menjadi sensitif jika disentuh. Kendati demikian, jerawat kecil dan tak ada nanah biasanya tidak menimbulkan luka yang dalam seperti kista. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan produk peeling untuk membersihkan kotoran, debu, dan sisa make-up secara agar jerawat tak datang lagi.

  1. Jerawat terpendam dalam kulit

Jerawat yang terpendam justru terasa lebih sakit. Pasalnya, ini bisa menjadi jerawat kista yang belum keluar ke permukaan. Namun, tak perlu khawatir, jenis jerawat ini bisa hilang dengan sendirinya asal tidak memencet atau menyentuhnya secara berlebihan.

  1. Jerawat di area dagu dan rahang

Apakah Anda pernah mengalami jerawat di area dagu dan rahang secara tiba-tiba setiap bulannya? Nah, hal ini lazimnya disebabkan oleh hormon jelang masa menstruasi. Cara mengatasinya cukup dengan rutin membersihkan area dagu dan rahang dengan lebih intensif.

  1. Komedo putih

Komedo putih merupakan jenis jerawat klasik, yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan bakteri yang terperangkap di pori-pori. Ini juga muncul akibat fluktuasi hormon. Anda bisa mengaplikasikan krim wajah dengan kandungan retinol untuk menghilangkannya.

“Gunakan krim retinol setiap malam hari selama sepekan, dapat meminimalisir komedo,” kata Nichols. (**)

Share