oleh

Batas Akhir SPT Tahunan Diundur, Ini Penjelasannya

-News-37 views

SALISMA.COM (SC),JAKARTA – Bagi wajib pajak yang belum sempat menyampaikan SPT Tahunan, masih bisa bernapas lega. Pasalnya Direktorat Jenderal Pajak memutuskan untuk mengundur batas waktu penyampaian hingga 21 April 2017.

“Batas akhir periode pengampunan pajak dan pelaporan SPT berbarengan. Jadi wajib pajak diberikan kesempatan yang ingin ikut tax amnesty, periode pelaporan SPT diperpanjang. Karena dalam laporan SPT harus dicantumkan besaran harta terbaru yang dilaporkan dalam amnesti pajak. Artinya, peserta amnesty pajak butuh waktu untuk memperbaiki SPT setelah ikut pengampunan pajak,” jelas Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Perpajakan Suryo Utomo, Rabu (29/03/2017).

Meski begitu, ia menegaskan bahwa pembayaran SPT kurang bayar tetap dilakukan maksimal pada 31 Maret 2017 ini. Artinya, perpanjangan waktu hanya diberikan untuk syarat administrasinya saja. Sementara pembayaran tetap harus dilakukan maksimal pada 31 Maret 2017.

“Jangan lupa, penyampaian boleh mundur namun pembayaran tetap hanya sampai 31 Maret 2017,” katanya.

Suryo menyebutkan, metode penyampaian SPT yang diberikan perpanjangan waktu hingga 21 April 2017 termasuk penyampaian secara manual, melalui pos atau jasa pengiriman, serta melalui saluran tertentu, seperti e-filing, e-form, dan metode lainnya

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menambahkan, meski ada kelonggaran yang diberikan dari segi waktu, pihaknya tetap mengimbau kepada wajib pajak untuk melaporkan SPT sesegera mungkin. (*)