oleh

Alasan Mengapa Ada Manusia Yang Awet Muda

SALISMA.COM –  Jika anda melihat orang lain bisa terlihat awet muda dibanding Anda, apa yang anda pikirkan? Apakah anda berfikir kalau dia itu operasi plastik agar terlihat muda?

Beberapa orang mungkin saja melakukan operasi plastik untuk membuatnya awet muda, namun beberapa orang terlihat alami. Mengutip Marie Claire, ternyata memang ada alasan ilmiah mengapa ada orang yang bisa terlihat awet muda dibanding yang lainnya.

Para peneliti di Harvard Medical School dan perusahaan analisis DNA, 23andMe mengungkap alasan di balik rahasia orang yang terlihat tak pernah tua. Mereka mempelajari data genetik dari 350 perempuan di berbagai usia dan kelompok etnis. Mereka kemudian diisolasi dan dikelompokkan sesuai dengan kriteria orang dengan kulit yang luar biasa, atau orang yang dianggap lebih muda dari usia sebenarnya secara alami.

Namun saat itu, mereka belum meneliti tentang semua etnis. Di studi pertama, mereka masih fokus pada ras Kaukasia dan perempuan Afrika-Amerika.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa faktor utama penentu kulit awet muda adalah gen. Ada ribuan gen dalam DNA yang berfokus pada pembentukan energi dalam sel, pembentukan kulit, dan produksi antioksidan.

Namun dalam DNA orang yang tak pernah tua, semuanya tampak berbeda. Semua proses (energi, pembentukan kulit dan antioksidan) yang seharusnya dikeluarkan cepat malah lambat diproduksi dan dikeluarkan. Semua ini terjadi seiring bertambahnya usia.

Ekspresi sel ini semuanya berbeda setiap ras. Studi juga menemukan bahwa perempuan Afrika memiliki produksi kulit 10 tahun lebih lambat dibanding perempuan Kaukasia. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan upaya mengaktifkan gen-gen agar bisa lebih awet muda.

(cnnindonesia)