oleh

Lebih Gampang Bedakan ASN dan Tenaga Honor Riau

-News-40 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Mulai pekan ini, baju seragam ASN dan tenaga honor di lingkup Pemprov Riau akan dibedakan. Hal itu sesuai dengan peraturan gubernur yang mulai diberlakukan tahun ini.
Kendati demikian, menurut Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, penerapan pergub soal baju seragam itu dilakukan secara bertahap.

Ia mengatakan bahwa seragam PNS dan Honorer itu dibedakan bertujuan untuk melihat siapa yang melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan benar.

“PNS itu tugasnya sudah jelas yaitu melaksanakan tugas-tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Sedangkan tenaga honorer atau tenaga harian lepas hanya bersifat untuk membantu kegiatan, jadi tidak ada honorer yang mengerjakan tugas-tugas ASN,” jelas sekda, Senin (10/04/2017).

Selain itu, lanjutnya, diterapkannya perbedaan seragam dinas ini juga bertujuan agar masyarakat dapat melihat siapa yang melayani mereka, yaitu PNS atau honorer.

“Jika katanya sebagian besar honorer merasa malu memakai baju hitam putih, mau gimana lagi, ketentuannya memang seperti itu,” ujarnya.

Dia mengatakan, ada sebagian honorer yang nekad untuk memakai lambang-lambang ASN atau bahkan menggunakan pakaian Korpri. “Tentu hal ini sudah menyalahi aturan dan ketentuan dan jika sudah begini, tentu harus diperbaiki agar kembali teratur,” kata Hijazi.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005, telah digariskan bahwa tidak lagi diperbolehkan untuk mengangkat tenaga honorer.
“Namun dibeberapa kondisi, terkadang membutuhkan tenaga harian lepas seperti cleaning servis maupun satpam, kan tidak mungkin PNS yang membersihkan atau Satpol PP jadi satpam, tidak bisa begitu, karena Satpol PP tugasnya tidak untuk tenaga satpam, atau seperti Diskominfo yang membutuhkan tenaga IT,” imbuhnya. (*)