Asuransi Harta Benda Paling Diminati

SALISMA.COM (SC),  PEKANBARU – Jumlah perusahaan asuransi umum yang beroperasi di Riau terus meningkat. Jika sebelumnya berjumlah 53 perusahaan saat ini sudah terdapat 56 perusahaan.

Data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Pekanbaru jumlah perusahaan asuransi umum di Indonesia hingga 31 Desember 2016 tercatat sebanyak 79 perusahaan. Sementara yang sudah memiliki kantor cabang atau perwakilan maupun pemasaran di Provinsi Riau dan telah menjadi anggota AAUI Cabang Pekanbaru sebanyak 53 perusahaan.

“Pada April 2017, jumlah perusahaan asuransi umum yang berkantor di Pekanbaru bertambah menjadi sebanyak 56 perusahaan. Satu di antaranya BCA Insurance. Saat ini masih dalam tahap melengkapi administrasi menjadi anggota AAUI Cabang Pekanbaru,” ujar Ketua AAUI Cabang Pekanbaru Suci Surya Agus di Pekanbaru, Kamis (13/04/2017).

Ia memaparkan bahwa berdasarkan hasil riset dan analisa bidang statistik AAUI Pusat, Market Update Asuransi Umum Indonesia per 31 Desember 2016 ialah bahwa pendapatan Premi Asuransi Umum sepanjang tahun 2016 tercatat Rp61,9 triliun  dan hal ini mengalami pertumbuhan sebesar 5,1 persen jika dibandingkan tahun 2015 yaitu hanya Rp58,9 triliun.

“Pertumbuhan ini merupakan pertumbuhan yang terendah dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Pada tahun 2017 ini kami berharap industri asuransi umum dapat tumbuh 5-10 persen,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa kontributor utama dari lini bisnis perusahaan asuransi itu adalah Asuransi Harta Benda yang tahun 2016 berhasil membukukan premi sebesar Rp19,07 triliun atau tumbuh sebesar 7,9 persen dalam setahun dengan pangsa pasar 30,8 persen dari keseluruhan produk asuransi umum.

“Sementara itu, produk yang paling rendah adalah asuransi kendaraan bermotor yang nyaris stagnan akibat penurunan penjualan kendaraan bermotor roda dua yang menjadi salah satu penopang utama industri asuransi umum,” katanya. (*)