Hanya 25 Kelurahan Sanggup Carikan Lokasi TPS

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Dari 83 kelurahan yang ada di Pekanbaru, hanya 25 kelurahan yang sanggup mencarikan lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Hal inilah satu penyebab minimnya TPS di Kota Pekanbaru.

“Kami sudah minta ke camat dan lurah, tapi hanya 25 Kelurahan yang menyanggupi. Mungkin karena anggaran pembangunan TPS tahun ini tidak ada, jadi tidak diprioritaskan,” ujar

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Zulfikri, Jumat (28/04/2017).

Data DLHK dari 12 kecamatan di Pekanbaru hanya ada 8 TPS yang masuk kategori layak. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan luas wilayah dan jumlah penduduk Pekanbaru yang mencapai 1,1 juta jiwa lebih.

“Padahal idealnya 1 RW, 1 TPS. Jadi kalau di Pekanbaru ada 700 RW berarti kita seharusnya punya 700 TPS juga,” kata Zulfikri.

Keterbatasan anggaran juga menjadi salah satu faktor belum bisa dipenuhinya jumlah TPS di Pekanbaru. Tahun ini saja Pemko Pekanbaru tidak menggarkan untuk pembangunan TPS.

“Rencanya untuk pembanguanan TPS itu baru tahun depan akan kita lakukan. Itu pun hanya untuk tiga unit TPS saja. Itu juga kalau tidak dirasionalisasi anggaranya,” paparnya.

Akibat minimnya TPS yang ada di Pekanbaru, tidak heran jika masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya. Pantuan Tribun di lapangan banyak tumpukan sampah yang ditumpuk di pinggir jalan dan di tanah kosong. Kondisi ini membuat sampah berserakan karena tidak ada dinding pembatas yang bisa menahan tumpukan sampah tersebut. (*)

Share