oleh

Tim Reaksi Cepat akan Tertibkan Gepeng Jelang Ramadan

-News-36 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Dinas Sosial Kota Pekanbaru terus berupaya mengantisipasi maraknya gelandangan dan pengemis (gepeng) menjelang bulan suci Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri. Di antarnya melalui penertiban secara rutin bersama polisi dan Satpol PP.

“Kami bersama polisi dan Satuan Polisi Pamong Praja terus berkoordinasi melakukan penertiban secara terus menerus,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Chairani, Jumat (05/05/2017).

Selain berkoordinasi dengan institusi lain, dia mengatakan Dinas Sosial Pekanbaru juga memiliki tim untuk mengatasi masalah keberadaan gelandangan dan pengemis atau sering disebut gepeng itu yakni Tim Reaksi Cepat (TRC).

Tim tersebut yang selama ini bekerja untuk mengatasi gepeng, termasuk melakukan investigasi atas dugaan koordinasi yang sistematis terkait keberadaan gepeng tersebut.

“Kita ada TRC yang melakukan pengawasan dan penindakan, sekaligus berfungsi melakukan investigasi keberadaan gepeng,” ujarnya.

Lebih jauh, ia mengatakan Kota Pekanbaru kerap menjadi sasaran gepeng dari berbagai daerah, terutama memasuki bulan suci Ramadhan. Setiap tahun pula Dinas Sosial bersama dengan Satpol PP serta Polresta Pekanbaru menghadapi masalah gepeng.

Menurut dia, masalah gepeng sebenarnya bisa diatasi, namun dengan melibatkan peran serta masyarakat. Ia menilai, budaya memberi masyarakat Kota Bertuah terhadap para gepeng di jalanan menjadi faktor utama para gepeng menyerbu kota tersebut.

“Pekanbaru ini ibarat gula. Semut (gepeng) akan terus berdatangan apabila budaya itu tidak berubah,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi memberikan sesuatu kepada gepeng dan menyalurkan bantuan ke lembaga yang seharusnya seperti panti asuhan dan masjid. (*)