oleh

Hari Keempat Operasi patuh Siak di Inhil, Ratusan Pengendara Ditilang

-Metro-35 views

SALISMA.COM (SC), INHIL – Di hari keempat pelaksanaan Operasi Patuh-Siak 2017 di Inhil, ratusan pelanggar telah ditilang dan puluhan kendaraan diamankan Sat Lantas Polres Inhil.

Hal itu dikatakan Kasat Lantas Polres Inhil, AKP Jusli, S.H kepada kru salisma.com saat dihubungi via seluler, Jumat (12/5/2017).

Jusli mengatakan, bahwa penegakan hukum yang dilakukan terutama kepada para pelanggar yang berpotensi menimbulkan fatalitas dalam kecelakaan lalu lintas. Seperti tidak memakai helm dan tidak memakai perlengkapan kendaraan yang standar. Penindakan juga dilakukan pada kendaraan yang TNKB-nya (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) tidak sesuai spesifikasi teknis yang telah ditentukan sesuai amanat UU 22 / 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Pelanggaran yang banyak tidak memakai helm, tidak punya SIM, STNK, TNKB tidak sesuai dengan spektek, dan knalpot blong (preng). Bagi sepeda motor yang tidak dilengkapi, untuk sementara terpaksa ditahan dulu,” jelasnya.

Sebelumnya Jusli mengatakan, bahwa selama operasi ini pihaknya juga menggencarkan patroli untuk menertibkan balap liar, yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas baik bagi pelaku balap liar sendiri, maupun bagi pengendara lainnya yang melintas di lokasi balap liar tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan, untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat pengguna jalan”, tambah Jusli.

Jusli yang juga selaku Kasat Ops Res Operasi Patuh Siak 2017 Polres Inhil ini berharap, dengan berjalannya Operasi Patuh Siak ini, tingkat kesadaran masyarakat Inhil umumnya dan Tembilahan khususnya dapat terus tumbuh. Sehingga tujuan Operasi Patuh dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam kamseltibcar lantas dapat tercapai.

Senada dengan Kasat Lantas, Kabag Ops Polres Inhil yang juga Karendal Ops Res Operasi Patuh Siak 2017 Polres Inhil, Komisaris Polisi Maison, S.H mengatakan, bahwa operasi ini juga berlaku bagi internal Polri sendiri.

“Diharapkan anggota Polri bisa jadi contoh bagi masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas”, tutup Perwira Menengah Polri Inhil ini. (Sc14)