oleh

Pasca Banjir Petani di Tualang Terancam Gagal Panen

SALISMA.COM (SC), SIAK – Pasca hujan deras di Kecamatan Tualang Perawang yang menyebabkan banyaknya tanaman petani teremdam air, sehingga petani di Tualang terancam gagal panen. Dimana jenis tanaman yang rata rata adalah tanaman jenis sayuran.

Untuk itu Pemkab Siak dari Dinas Pertanian sudah mengambil langkah-langkah yang tanggap, untuk membantu para petani yang terancam gagal panen.

Seperti yang dijelaskan  Suwandi  selaku Kabid Hortikultura dan Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Siak. “Kita sudah bertindak tanggap mengenai petani yang terancam gagal di Tualang yang mana kita sudah ajukan bantuan, namun tidak seberapa karena terbatas anggaran dan kita sudah coba hubungi PT.IKPP melalui  CSR,” ujar nya kepada salisma.com Jumat (12/05/2017).

Suwandi menyayangkan adanya musibah yang menimpa para petani yang sebagian besar menumpukan kebutuhan keluarga pada pertanian tersebut.

“Saya sudah coba bantu semampu saya, karena di sana masih banyak keluarga kita juga yang bertani dan menjadi kan bertani sebagai mata pencaharian mereka,” tuturnya.

Selain itu, solusi lain dari Pemkab Siak yaitu dengan mengajukan bantuan baik dari pemerintah maupun CSR, berupa diklat suport yang bersifat pemberdayaan. (sc13)