oleh

SDM dan SDA Sangat Menentukan Pertumbuhan Ekonomi Riau Tahun Ini

-News-39 views
SALISMA.COM (BPC), PEKANBARU – Pergerakan perekonomian Riau ke arah positif harusnya menjadi prioritas utama bagi Riau dalam mengembangan sektor yang berpotensi mendongkrak itu. Diantara faktor dominan yakni pengembangam Sumber Daya Manusia (SDM) dan menggarap secara serius potensi Sumber Daya Alam (SDA) itu sendiri.
Kepala Bidang SDM Badam Perenacanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau, Feradis menjelaskan, harus ada program fokus dari Pemprov Riau untuk membuat masyarakat menjadi lebih produktif.
“UMKM menurut saya sangat berperan di sini,” katanya, Jumat (12/5/2017).
Dia memaparkan, UMKM dipercaya sebagai sumber potensi yang kuat untuk mengambil peran sebagai sektor penggerak perekonomian. Jika SDM di sektor ini baik dan terberdayakan, niscaya langkah pemerintah untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi bisa dimulai dari sini.
Menurutnya, sejauh ini para pelaku usaha tergolong mikro ini sangat tahan dalam segala gempuran kondisi krisis. Sehingga jumlah UMKM yang banyak dan produktif, tidak ubahnya seperti tameng bagi daerah.
“Selain itu, baru lah menggerakan karakter masyarakat yang produktif. Karakter yang ada saat ini memang perlu diubah,” tambahnya.
Sejalan dengan itu pula, pemerintah harusnya tidak melulu mengurus soal birokrasi dan sistem, sebab pemerintah menjadi peran sentral dalam upaya ini, dengan cara terus mengembangkan bisnis.
“Namun masalahnya seperti kita lihat, bisnis yang digarap pemerintah selalu merugi. Ini juga perlu dipikirkan. Selain kita menunggu RTRW dan mengembangkan hilirisasi,” tambahnya. (Sc3)