oleh

Cara Menuju Bukit Teletubbies Gunung Bromo, Savana Indah yang Terlalap Api Akibat Prewedding

Peristiwa Bukit Teletubbies terbakar berhasil memancing kegeraman netizen. Pasalnya destinasi di Kawasan Konservasi Gunung Bromo berbentuk bukit savana itu berubah jadi hitam legam.

Pihak kepolisian kabupaten Probolinggo, sudah mengamankan Manajer Wedding Organizer, Andrie Wibowo Eka Wardhana yang diduga memberikan flare sebagai properti foto prewedding hingga membuat padang savana itu tersulut api.

Tak main-main, kawasan seluas 50 hektar itu habis dilalap api, padahal area tersebut merupakan destinasi yang dilindungi karena berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ini jugalah yang jadi alasan, pelaku dijerat pasal Kehutanan, ditambah mereka tidak punya surat izin masuk kawasan konservasi (simaksi).

Berikut ini daya tarik dan fakta Bukit Teletubbies Bromo, serta keindahannya belum ludes dilalap api, yang berhasil dirangkum suara.com melansir situs Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/9/2023).

1. Terletak di Belakang Gunung Bromo

Bukit Teletubbies terletak di balik Gunung Bromo, sampai di Bukit Teletubis, pengunjung akan disuguhi pemandangan Padang Savana. Lokasi Bukit Teletubbies masih satu area dengan padang rumput savana Gunung Bromo.

2. Cara Menuju Bukit Teletubis

Untuk bisa sampai ke Bukit Teletubbies, pengunjung bisa menggunakan Jeep, sepeda motor atau menyewa kuda di sekitar area Gunung Bromo.

Cara mengaksesnya yakni bisa melalui jalan dan rute dari semua pintu masuk ke Gunung Bromo dengan menggunakan sepeda motor atau mobil 4WD.

3. Sejarah Nama Bukit Teletubbies Bromo

Nama ini diberikan karena sangat mirip dengan bukit yang ada di serial anak anak, yakni Teletutis. Di Bukit Teletubis, pengunjung dapat menikmati keindahan sunrise atau matahari terbit di pagi hari.

4. Alasan Jadi Spot Favorit Prewedding

Lokasi ini jadi lokasi favorit prewedding karena menciptakan suasana romantis berkat matahari yang perlahan muncul dari balik bukit dan di sela-sela awan.

5. Harus Sewa Jeep Bromo

Lantaran akses jalan yang dilalui berbukit dan sempit, maka lebih cocok menggunakan mobil 4WD. Selain itu ada peraturan resmi dari TNBTS, bahwa untuk berkunjung ke gunung bromo dengan mobil pribadi harus sewa jeep Bromo.

6. Waktu Terbaik ke Bukit Teletubbies Bromo

Tidak setiap saat jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi destinasi ini. Lantaran bentuknya menyerupai padang savana, maka disarankan datang ke tempat ini saat musim hujan atau musim semi saat rumput mulai berubah hijau dan berbunga.

Tapi jika mengunjungi saat musim kemarau, maka pemandangan akan terlihat gersang dan berdebu, bahkan tidak ada tempat berteduh.

Sumber: Suara.com